REPUBLIK INDONESIA BUKA INVESTASI PERTANIAN

REPUBLIK INDONESIA BUKA INVESTASI 
PERTANIAN

Penulis-
Guido Mahesa Falah (171510601066)



Pertanian di indonesia merupakan sektor vital dan merupakan sektor yang sangat berpengaruh terhadap kondisi perekonomian nasional dan juga menyangkut hidup orang banyak. Hal tersebut membuat sektor pertanian menjadi sektor yang diperhatikan oleh pemerintah, guna menjaga kestabilan kondisi perekonomian di indonesia.  Investasi merupakan suatu inovasi dalam bisnis yang bisa digunakan untuk keprluan mendatang. Penanaman saham merupakan satu contoh dari investasi, lahan petanian dan lahan kosong jika dimiliki juga merupakan contoh investasi. Ekspor dan investasi merupakan pendorong utama dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Investasi sektor pertanian pada kurun waktu 2009-2013  masih sangat rendah yakni Rp. 96,1 triliun.

Menteri pertanian Amran Sulaiman memiliki target di masa periode jabatanya, untuk  mencapai target tersebut membuat langkah program dan percepatan investasi sektor pangan dan pertanian.  Kuntoro mengungkapkan bahwa tujuan program percepatan investasi memiliki dua hal utama, yakni mempercepat proses investasi sektor pertanian Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), yang selanjutnya meningkatkan lapangan dan kesempatan pekerjaan.

Investasi sektor pertanian di Indonesia mendapat respon positif dari beberapa negara lain, salah satunya Tiongkok. Duta besar Tiongkok untuk Indonesia mengatakan dan berjanji untuk mendorong para investor dari Tiongkok agar berinvestasi di Indonesia, khususnya daerah Sukabumi Jawa Barat. Produk yang dihasilkan dari daerah tersebut yang utama dan diminati oleh investor Tiongkok salah satunya tanaman suji atau biasa disebut bunga abadi. Xiao Qian selaku duta besar juga akan menjalankan program yang dapat diterapkan di daerah tesebut berupa dua truk operasional pelatihan bahasa mandarin serta pertukaran ilmu dan juga penelitian, begitu pula sebaliknya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terus berupaya meningkatkan investasi sektor pertanian khususnya pertanian melalui Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), guna meningkatkan pondasi ekonomi secara mikro guna meningkatkan kuantitas dan kualitas daya ekspor Indonesia. Penanaman Modal Asing (PMA) masih menjadi aspek yang belum terlalu disentuh, namun dalam pengerjaannya telah merevitalisasi Balai Penyuluh Pertanian (BPP) menjadi Kostra Tani yang dicirikan penggunaan IT dan alsintan secara masive serta insentive pada KUR.


#ManajemenBisnisdanInvestasi  

#FakultasPertanianUniversitasJember

#TraditionOfExcellence

Dosen Pengampu :

Dosen 1.

Twitter : @suciati_luhputu

Facebook : Luh Putu

Dosen 2.

Facebook : Ratih Apri Utami

Instagram : @Ratih_Apri_Utami

 

  

Oleh      : Guido Mahesa Falah

NIM       : 171510601063

MK                     : Manajemen Bisnis dan Strategi Investasi

Facebook            : Guido Al falah

Instagram             : @gsafalah

Twitter                 : @KaviarEnak

 

Sumber : 

https://m.mediaindonesia.com/read/detail/291040

https://m.jpnn.com/news/tiongkok-tertarik-kembangkan-pertanian-di-sukabumi

https://m.jpnn.com/news/kementan-percepat-investasi-naik-tajam-1507-persen


Comments