HASIL KARYA KERAJINAN KULIT KERANG MAMPU MENARIK PERHATIAN TURIS EROPA

HASIL KARYA KERAJINAN KULIT KERANG MAMPU MENARIK PERHATIAN TURIS EROPA

Penulis-

Ameylia Frichananta

NIM       : 171510601016




Perkembangan zaman yang pesat menjadikan kreatifitas anak bangsa semakin meningkat, banyak sekali potensi Indonesia yang semakin digali dan dikembangkan. Indonesia yang kaya akan hasil lautnya merupakan potensi alam yang sangat luar biasa. Terbukanya pasar bebas antar negara menjadikan para pebisnis bersaing untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal serta kesuksesan dengan menawarkan berbagai macam produk, mulai dari produk olahan pangan, tanaman hias, hingga produk kerajinan tangan. Produk kerajinan tangan yang saat ini sedang banyak digemari adalah kerajinan kulit kerang. Kulit kerang yang biasanya hanya dianggap sampah namun saat ini bisa disulap menjadi barang yang unik dan cantik.

Banyaknya nelayan Indonesia yang membudidayakan kerang baik kerang konsumsi ataupun kerang mutiara menjadikan kulit kerang lebih sering terbuang percuma. Namun, saat ini kulit kerang tersebut dapat disulap menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomis dan seni yang tinggi. Hasil kerajinan tangan dari kulit kerang tersebut dapat berupa figura, asbak, hiasan dinding, hingga berupa furniture atau mebel lainnya. Kerajinan tangan kulit kerang tidak hanya mendapat perhatian dari pengunjung lokal, namun beberapa pengunjung dai Belanda, Jerman, Korea, dan Tiongkok juga sangat tertarik dengan kerajinan ini. Menteri Susi merupakan penggemar kerajinan kulit kerang ini, seperti pada saat Menteri Susi akan melakukan pidato beberapa lampu hias dari kerajinan kerang diletakkan di samping mimbar. Menteri Susi juga menyarankan agar jajaran Kementerian RI menggunakan furnitur dari kerajinan kerang. Salah satu hiasan kulit kerang yang dijadikan mangkok oval dan sendok harganya bisa mencapai Rp. 10 juta. Kerajinan kerang dengan diameter kurang lebih 21cm ditawarkan dengan harga Rp. 35 juta. Kerajinan kerang sudah sangat sering merambah pasar Korea dan Tiongkok karena kerajinan kerang tersebut unik dan langka. Merambahnya kerajinan kerang menujukkan bahwa produk kerajinan Indonesia dapat diterima dengan baik oleh negara-negara lain dan mendapatkan pengembangan pasar untuk produk-produk ekspor.

Kreatifitas yang dimiliki oleh anak bangsa tentu harus dapresiasi agar dapat terus berkembang, baik oleh lingkungan dan terutama oleh pemerintah. Peran pemerintah sangat perlu di sini untuk dapat memperkenalkan kerajinan dan potensi Indonesia kepada dunia melalui pasar bebas. Harapan selanjutnya untuk keberlangsungan kerajinan kerang tersebut adalah terus berinovasi untuk selalu menghasilkan karya-karya yang lebih unik dan menakjubkan lagi sehingga karya yang dihaasilkan dapat menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan memanfaatkan peluang yang besar melalui pasar bebas.

 

#ManajemenBisnisdanInvestasi

#FakultasPertanianUniversitasJember

#TraditionOfExcellent

 

Dosen Pengampu :

Dosen 1.

Twitter : @suciati_luhputu

Facebook : Luh Putu

Dosen 2.

Facebook : Ratih Apri Utami

Instagram : @ratih_apri_utami

 

Oleh      : Ameylia Frichananta

NIM       : 171510601016

MK         : Manajemen Bisnis dan Strategi Investasi

Instagram : @africhananta

 

Sumber :

https://www.merdeka.com/uang/4-kerajinan-tangan-indonesia-tembus-pasar-eropa.html

https://www.liputan6.com/regional/read/3250550/kerajinan-kulit-kerang-cirebon-yang-bikin-menteri-susi-jatuh-hati

https://republika.co.id/berita/neyupq/kerajinan-kerang-kepulauan-seribu-tembus-pasar-koreacina


Comments