Cara Mudah Budidaya Bawang Merah di rumahan

Cara Mudah Budidaya Bawang Merah


        Bawang merah (Allium Cepa) adalah salah satu tanaman yang cukup banyak dibudidayakan di Indonesia. tanaman ini dapat tumbuh baik di daerah tropis seperti salah satunya di Indonesia. bawang merah menjadi tanaman pokok yang dicari banyak orang karena manfaatnya sebagai penyedap/ bumbu masakan. masakan Indonesia cenderung menggunakan bumbu yang banyak, tidak salah lagi jika penggunaan/ permintaan akan bawang merah juga tinggi di pasaran. Akibat dari permintaan di pasaran yang cukup tinggi, banyak orang yang berusaha untuk membudidayakan bawang merah karena harga yang ditawarkan juga termasuk bagus.

 

Cara budidaya bawang merah di rumahan.

1.   Menyiapkan pollybag, tanah, dan benih bawang merah yang akan di semaikan.

Langkah pertaman yakni menyiapkan media semai terlebih dahulu untuk bawang merah dengan menggunakan tanah biasa, pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 . kegiatan ini bertujuan untuk membuat tekstur tanah menjadi gembur dan tanah memilki banyak manfaat untuk pertumbuhan bawang merah nantinya. Setelah itu tanah dicampur menjadi 1 dan kemudian dimasukan kedalam pollybag dengan isi ¾ pollybag. Setelah itu bibit bawang merah dipotong sedikit ujung bekas daun yang keringnya terlebih dahulu , dengan tujuan untuk memunculkan bakal daun nantinya. Benih ditanam tidak terlalu dalam dan bagian bawang merah yang terpotong masih kelihaan dipermukaan tanah. Setelah proses tersbut selesai siram secukupnya, jangan terlalu becek. Usahakan setiap harinya terkena sinar matahari secara langsung agar pertumbuhan benih bawang merah bisa tumbuh secara optimal.

2.  Perawatan setiap harinya

Perawatan dilakukan setiap harinya agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, terutama dalam masa pembibitan, tanaman mudah sekali atau rentan terkena hama dan mudah mati.  Perawatan dapat dilakukan dengan melakukan penyinaran agar mendapat cahaya matahari setiap harinya, penyiraman, pengecekan dari gulma, dan penggantian benih yang tiba-tiba  busuk dengan benih yang baru.

3.  Pemupukan

Pemupukan dilakukan seperti pemupukan pada tanaman hortikultura lainnya. Untuk tanaman yang hanya ditanam dirumah, tidak perlu di pupuk hanya menggunakan pupuk kompos di awal penanaman saja tanaman juga akan tumbuh dengan baik, akan tetapi untuk hasil yang lebih optimal, pemupukan bisa menggunakan pupuk yang khsusu untuk tanaman hortikultura ataupun bawang merah. Pupuk dapat diperoleh di toko pertanian maupun platform digital lainnya. 

4.    Pemanenan

Pemanenan dapat dilakukan sesuai selera, ingin dipanen untuk memperoleh daun bawangnya ataupun fokus pada buahnya. Proses pemanenan dapat dilakukan dengan cara mencabut bagian abatang daun paling pangkalnya, agar umbi bawang tidak putus dan tertinggal didalam tanah. Untuk pemanenan diambil umbi bawang merahnya, tanda-tanda dapat dilihat dari umur dan juga dari fisik daun yang sudah mulai coklat dan mengering.


More Info : 

WA : 081284429836

IG : @nita-efendi1998

FB : Nita Oktaviana Efendi


Comments